Beranda > Investasi, Keuangan > Melihat Cicilan KPR Lebih Jelas

Melihat Cicilan KPR Lebih Jelas

Punya rumah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Maklum sekecil apapun bentuk rumah, kalau punya sendiri dan tidak ngontrak adalah hasil jerih payah dalam hidup ini. Saat ini merupakan zaman instant. Keinginan membeli rumah lebih mudah dengan sarana pinjaman bank yang disebut dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Kita bisa membeli rumah seharga 100 juta bahkan 500 juta dengan modal 20%-nya saja (20juta bila harga rumah 100juta  dan 100 juta bila harga rumah 500). Sisanya yang 80% akan ditalangi oleh bank. Nah, nilai 80% ini adalah jumlah cicilan yang harus dibayarkan ke bank setiap bulan.

Pada umumnya bunga KPR Bank saat ini sering naik turun setiap bulan sehingga disebut dengan bunga floating. Rumus suku bunga floating atau efektif dihitung berdasarkan saldo pinjaman tersisa. Kadang kala bila kita mendapatkan simulasi perhitungan bunga efektif, kita hanya melihat nilai cicilannya saja sehingga tidak bisa melihat lebih luas apabila terjadi suku bunga yang naik turun.

simulasi KPR dengan excel

simulasi KPR dengan excel

Dengan microsoft excel, saya coba membantu rekan-rekan yang ingin melihat perkiraan simulasi cicilan KPR  secara luas melalui file yang bisa di download di sini. (SKIP AD bila ada iklannya). Rentang bunga dalam simulasi ini antara 5-30% dan jangka waktu antara 5-20 tahun. Tentu saja bunga KPR 5% sepertinya tidak mungkin di negara kita, sedangkan kalau bunga kpr mencapai 20% berarti terjadi krisis keuangan. Semoga bermanfaat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Silakan tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: